Kamus Istilah pada Kayu Lapis

Cikal bakal munculnya kayu lapis terjadi di Mesir sekitar tahun 1500 sm, yang mana pada masa tersebut orang-orang Mesir telah mampu membuat veneer untuk menghiasi perabot rumah tangga mereka, selanjutnya disusul bangsa Yunani dan Roma kuno yang mengembangkan alat pemotong veneer (Haygreen dan Bowyer, 1993 dalam Iswanto, 2008). Dari sekian lama perjalanan sejarah kayu lapis tersebut, begitu banyak istilah yang muncul dalam kayu lapis. Istilah-istilah itu pun muncul seiring dengan perkembangan jaman.

Beberapa istilah menyangkut kayu lapis adalah sebagai berikut:

cutter: sejenis pisau, yang digunakan untuk memotong lembaran veneer ketika proses rapaired.

Fork lift: kendaraan khusus untuk mengangkut plywood dan barang-barang lain. Merek forklift ini beragam, ada TOYOTA, NISSAN, dan merek lainnya.

gumed tape: perekat berbahan dasar kertas dan lem, biasanya digunakan untuk merekatkan tampalan/tambalan dengan cara membasahi bagian gummed tape yang memiliki lem (berperekat).

Hot melt: adalah perekat yang digunakan untuk merekatkan lembaran veneer yang berukuran kecil, sehingga menghasilkan veneer yang berukuran lebih lebar setelah direkatkan satu sama lain. Hot melt ini biasanya digunakan di mesin core builder composer.

Log: kayu bulat yang diperoleh dari hasil penebangan pohon. Ukuran log, baik diameter maupun panjangnya bervariasi.

shim: istilah untuk menyebut tampalan pada bagian face atau back veneer pada kayu lapis. proses penampalan dilakukan setelah cold press process, dan sebelum hot press process.

patching: tampalan yang diberikan pada veneer, baik long core veneer maupun short core veneer.

open split: suatu keadaan dimana bagian face dan atau back veneer dari kayu lapis mengalami pecah/sobek (split) dan berbentuk pecah terbuka.

palet packing: adalah suatu alat yang digunakan sebagai alas plywood ketika akan dikemas. Alat ini terbuat dari kayu sisa rotarry peeling.

Rendemen: adalah perbandingan volume kayu sebelum pengupasan dengan volume kayu setelah jadi plywood.

Rottary machine: yaitu sebuah mesin pengupas yang menjadikan log berubah bentuk menjadi lembaran-lembaran veneer dengan ketebalan minimal

DAFTAR PUSTAKA:

Haygreen and Bowyer, 1993. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu (Suatu Pengantar) Penerjemah: Sutjipto A. Hadikusumo. Gadjah Mada University Press. dalam: Iswanto, Apri Heri. 2008. Kayu Lapis (Plywood). Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. diunduh di: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/861/1/08E00898.pdf. [13 Januari 2012].

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: