DAHSYATNYA SAKARATUL MAUT

1.KEMATIAN YANG KASAR/MENYAKITKAN

-sakaratul maut bisa menimpa seseorang secara MENYAKITKAN, bisa juga MENYENANGKAN.

-ilustrasi sakaratul maut: dompet hilang dicolong copet, dan kita tahu keberadaan tersebut sebelum dan selama proses tersebut, maka kita akan berusaha untuk melindungi dompet itu

English: Mr. Gert Martijn with Indonesian sold...

English: Mr. Gert Martijn with Indonesian soldiers with the body of a killed terrorist after an attack on a rubber plantation. Bahasa Indonesia: Foto. Gert Martijn dan beberapa personal militer Indonesia dengan sesosok mayat perusuh seusai serangan di sebuah perkebunan karet. Nederlands: foto. Gert Martijn en Indonesische militairen bij het lijk van een gedode bendeleider, na een overval op de rubberonderneming (Photo credit: Wikipedia)

untuk tidak jatu pada tangan pencopet. Beragam usaha akan kita lakukan demi mempertahankan dompet itu. Usaha itu jelas akan mengeluarkan energy yang tidak sedikit, bahkan sampe babak belur karena berkelahi dengan copet pun pasti berani menjalaninya. Tapi, proses kehilangan dompet itu tidak akan menguras banyak energy kalau keberadaan kita sedang tidak sadarkan diri. Keadaan tidak menyadari dompet itu bisa terjadi karena diri kita sedang focus mengerjakan hal lain, missal menonton, ngobrol dengan rekan satu bangku di bisa, dan focus kegiatan lain.

-QS. 2(35) à mati itu hanya ‘mencicipi’, karena baik setelah ataupun setelah mencicipi kematian itu, yang paling panjang prosesnya yaitu proses hidupnya.

-kullu nafsin daikotul maut à daikoh= ‘mencicipi’.

-KEMISKINAN dan KEKAYAAN sesungguhnya hanya sebuah UJIAN, BUKAN penentu sukses atau tidaknya hidup dunia dan akhirat seseorang.

-diambil dari kisah Tsa’ Labah:

“Banyak orang yang lulus ketika menghadapi ujian KEMISKINAN, tapi banyak orang yang tidak lulus ketika diuji dengan KEKAYAAN”.

(kisah Tsa Labah bisa dibaca disini)

-QS.3 (11)

-kita berobat ke dokter HNAYA untuk menjaga kesehatan, tapi KEMATIAN sesungguhnya tidak bisa diundur kedatangannya, karena sudah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa, Alloh SWT.

-QS.62 (8) à kematian mencari kita, maka siap atau tidak siap, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

-Malaikat Ijroil adalah malaikat yang bertugas mencabut nyawa.

-Rasulullah SAW bersabda, diantara potongan sabdanya adalah: “obat untuk hati berkarat yaitu DZIKRUL MAUT (mengingat kematian).

-QS.4 (78)

-kematian tidak usah ditakuti, yang harus ditakuti itu adalah kesiapan diri kita akan persediaan bekal untuk menghadapi kematian itu.

-QS.79 (1) dan (2), QS.75 (26, 27, 28, 29).

-QS.21 (97)

-orang dzalim adalah orang yang menganiaya diri sendiri.

2.KEMATIAN YANG DATANG DENGAN LEMAH LEMBUT/MENYENANGKAN

-QS. 27(87)

-alhadits:

“aku iri kepada seseorang yang kematiannya berkjalan dengan tenang (mudah), setelah aku melihat kematian Rasulullah dengan kepayahan (menyakitkan). (Hr. Bukhori). à kematian Rasulullah terasa sakit karena dengan rasa sakit yang dialami Rasulullah itu merupakan scenario Alloh untuk meningkatkan derajat Beliau pada tingkatan yang lebih tinggi, baik di dunia maupun diakhirat.

Rasa sakit tersebut pernah dialami Rasulullah tidak hanya ketika menjalani kematiannya, tapi juga dialaminya ketika berdakwah, seperti dilempari batu dan sebagainya.

-alhadits: kematian itu tidak boleh diminta, mau diminta atau tidak, kematian sudah pasti datang dengan tepat waktu, karena waktunya telah ditetapkan, meski dirahasiakan.

-salah satu cirri kematian serang mukmin yaitu berkeringat di keningnya, dan meneteskan air mata.

Waallohu’alam.

Koreksi terhadap tulisan sangat dinantikan J

Rudi Hermawan, Pengajian di Masjid Cut Mutiah, Menteng, Jakarta Pusat, 04January2012.

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: