Moda Transportasi dari Terminal Bis Kuching ke Berbagai Kota di Sarawak

Kalau kita hendak jalan-jalan dari Indonesia, ke Sarawak Malaysia, maka yang terpikir pertama kali di antaranya; moda transportasi apa yang akan digunakan..🙂

Kalau dari Pontianak ke Kuching bisa menggunakan bis, atau pesawat. Bis DAMRI ada juga, atau bis-bisa lain yang perusahaannya milik orang Malaysia juga tak kalah banyaknya.

Kalau kita jalan-jalan dengan menggunakan jasa pesawat, maka jalur yang bisa ditempuh jika dari Pontianak, yaitu dari Bandar udara SUPADIO, Pontianak (PNK) menuju Bandar Udara Kuching, Sarawak. Ongkosnya pun tidak begitu mahal. Contoh kasus saya biasa menggunakan Batavia Air, ongkos berkisar antar rp. 500.000 sampai rp. 650.000,- Ongkos sedemikian itu udah termasuk roti dan segelas air mineral. Hehe.., untuk meminimalisir rasa lapar ketika di pesawat..🙂

Nah.., dari Bandara Kuching tentunya perlu ke Terminal Bis Kuching. Maklum, Terminal bisnya kebetulan jauh dari Bandaranya. Biasanya yang dilakukan penulis untuk menuju Terminal Bis Kuching dari Bandara Kuching dengan bantuan Taksi. Taksi ini dalam bahasa Sarawak, dan Malaysia keseluruhan, disebut dan ditulis “TEKSI”. Pake E, bukan pake A.., hehe..

Nah.., dari kalau sudah sampai di Terminal Bis Kuching, kita bisa pilih mau ke mana saja tujuannya. Di sana, langsunbg saja ke konter penjual tiket bis. Keberangkatan bis ini tiap 2 jam sekali. dan bis nya pun beragam. Tidak hanya satu jenis bia. Ada bis dengan nama BINTANG JAYA EXPRESS, FREESIA EXPRESS, SUNGEI MERAH EXPRESS, S.J.S EXECUTIVE BUS, BIARAMAS, SURIA, DAMRI, atau ada juga LANANG EXPRESS. Khusus kalau dari Terminal Bis Kuching mau kembali ke Pontianak, juga bisa. Bisa memakai DAMRI, bis dengan pengusaha Indonesia.., hehe..

(nanti ah dilanjut nulisnya,,,🙂 )

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

2 Responses to Moda Transportasi dari Terminal Bis Kuching ke Berbagai Kota di Sarawak

  1. tuti mengatakan:

    Saya ingin ke kuching dr ponti brp ongkos naik bus trus tempat apa yg menarik dikunjungi dan penginapan yg murah dan bersih dimana

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      Iya Kak.., boleh tu..
      Ke Kuching, bisa pakai bis DAMRI dari pontianak. Ongkosnya rp.250.000, kalo belum naik.
      Penginapan ada juga, 50 ringgit per malam. Namanya Kapit Hotel, itu hotel yang biasa kami pakai di Kuching, kotanya. Kalo mau ke Kapit Hotel itu, tinggal bilang aja ketika kita sudah sampai di Terminal bis Kuching. Bilang aja ke sopir taksi, saya mau ke Kapit Hotel. Mereka pada tahu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: