KETIDAKTAHUANKU..

Entah..

apa…

ku tidak tahu..

kata orang, kalau mau berjalan di jalan raya, maka pilihlah trotoar.., tapi.. trotoarnya tidak ada, terhalang oleh kegiatan lain..

kata orang, berbaik sangkalah pada pemimpin, tapi.., pemimpinnya selalu mengecewakan..

ku sebagai rakyat biasa, kadang bertani, kadang serabutan, tapi ku punya angan-angan yang luar biasa, yaitu mau melihat negara yang ku tinggali, subur makmur..

tapi entah.., kesubutan dan kemakmuran itu di mana letaknya? sampe mana enaknya..? ku tak tahu..

television

television (Photo credit: jeevs)

kadang ku menonton acara televisi, di sana-sini demo, menuntut keadilan.., memang keadilan itu susah diperoleh di negara ini? bener atau tidak ya..?

kalau dilihat, para wakil rakyat, tiap hari rapat di ruangan tertutup, dan yang dibahas hanyalah masalah korupsi, masalah kampanye, masalah gaji dia sendiri, terus kapan mereka jalan-jalan ke luar menemui rakyatnya yang tergeletak di emperan toko, di tempat sampah, tak berdaya karena tak punya uang untuk beli makan? ku tak tahu..

kalau dilihat,, betapa terjaminnya para pekerja yang kerja di pemerintahan.., yang notabene wakil rakyat.., terus.., apakah pantas mereka hidup terjamin, sedangkan orang yang dia wakili-rakyat-, hidupnya jauh dari kata terjamin..? ku tak tahu juga..

bayangan ku teringat, sebuah berita, kasus korupsi, yang mana koruptornya lairi ke luar negeri, setelah tertangkap, belum juga bisa dihukum.., sampai sekarang, hingga tulisan ini ku buat.., entah kenapa..?

kenapa negara ini betapa sulit untuk maju? apakah karena negara ini gersang tanahnya? tentu tidak.. apakah negara ini tak punya daya tarik alam maupun manusianya? tentu tidak.. lagi-lagi, ku tah tahu..

untaian rasa bagai silet yang disayatkan, terasa ketika ku coba melintasi batas negara.., betapa negaraku dianggap sebelah mata oleh negara lain.. Samapi hati ku bertanya, kenapa negaraku direndahkan oleh negara lain? ku tak tahu jawabannya.., yang ku tahu hanya hatiku terasa sakit..

teringat juga, suatu kasus, katanya negeri Belanda dan negeri Inggris membuang sampah, limbah, dan sejenisnya ke Indonesia.., kenapa ya itu bisa terjadi? ku tak tahu..

ah.., makin banyak pertanyaan.., dan diriku sendiri tak butuh jawaban, kalau hanya dengan angka-angka atau retorika.., yang kubutuhkan jawaban berupa sesuatu yang bisa dilihat dan dirasakan..

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: