GAJI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI SARAWAK MALAYSIA

Memang sampai saat ini, negera tetangga (jiran) kita masih jadi target untuk mencari sesuap nasi penduduk suatu Negara, yang kata banyak orang subur makmur, gemah ripah, loh jinawi; itulah Indonesia.

Namun, dibalik manisnya pandangan dari jauh, ternyata belum tentu manis jika memandang dari dekat. Missal, pandangan mengenai gaji, sesuatu yang utama tentunya. Penulis disini akan mencoba memberikan keterangan nyata mengenai gaji  Tenaga Kerja Indonesia Tanpa Profesionalisme. Contoh atau gambaran gaji ini, diambil dari salah satu pabrik kayu lapis yang didirikan di Sarawak, Malaysia. Dan, yang paling utama, ternyata standar gaji dari satu pabrik kayu lapis (plywood) dengan pabrik kayu lapis lain, nyaris sama, paling beda 1 atau 2 Ringgit Malaysia (RM) saja.

Keterangan Gaji TKI adalah sebagai berikut:

Gaji untuk TKI yang baru masuk kerja di pabrik (kilang) kayu lapis (plywood):

a.Gaji pokok/hari kerja = 15 RM

Hari kerja = 8 Jam.

Jadi gaji  per jam untuk jam kerja biasa = 15 RM/8 jam = 1,875 RM/jam.

b.Over time dibayar 1,5 kali lipat dari jam kerja biasa.

Over Time/jam= (Gaji Pokok/Jam Pokok) x 1,5 = (15 RM/8 Jam) x 1,5 = 2,81 RM/Jam

Total Over time biasanya selama 3,5 jam setiap hari kerja. Sehingga gaji yang diperoleh dari over time tiap hari adalah = 3,5 jam x 2,81RM = 9,8 RM.

Total jam kerja TKI/hari = 8 Jam kerja biasa + 3,5 jam Over time = 11,5 Jam.

Jadi jika jam kerja tiap hari kerja itu di-RM-kan, maka = 15 RM + 9,8 RM = 24,84 RM/hari.

Jadi total gaji yang diperoleh = a + b = 15 RM + 9,8 RM = 24,84 RM/hari.

Nah, ketika hari-hari besar, terkadang pabrik ini terus beroperasi, mau siang ataupun malam.

Perhitungan Gaji Ketika Hari Kerja di Hari Libur (Hari-hari Besar) adalah sebagai berikut:

(Gaji Pokok/Jam Pokok) x 2 =15 RM/ 8 Jam) x 2 = 3,75 RM/Jam

Jadi jika jam kerja tiap hari kerja iitu di-RM-kan, maka = 11,5 Jam x 3,75 RM/Jam =43,125RM/hari kerja.

Itulah gambaran gaji per jam TKI Malaysia yang baru masuk kerja (tahun ke nol)

Jika TKI Indonesia itu telah menempuh masa kerja selama 2 tahun di tempat kerja yang sama, maka perhitungan gaji meningkat. Rinciannya sebagai berikut:

a.Gaji Pokok = 16 RM

Jam kerja = 8 jam/hari.

b.Over time/jam adalah dibayar 1,5 kali jam kerja biasa = (16 RM /8 Jam) x 1,5 = 3 RM/Jam.

Total Over time biasanya selama 3,5 jam setiap hari kerja. Sehingga gaji yang diperoleh dari over time tiap hari adalah = 3,5 jam x 3RM = 10,5 RM.

c.Allowance = 1 RM/hari.

Jadi total gaji yang diperoleh = a + b + c = 16 RM + 10,5 RM + 1 RM = 27,5 RM.

Tanggungan yang harus dibayar oleh seorang TKI baru adalah sebagai berikut:

Lepi = 95 RM/ Bulan

a.Lepi 12 bulan = 1140 RM/tahun

b.Agent Fee = 900 RM/tahun

c.Medical check up = 110 RM/tahun

Jadi total tanggungan adalah = Lepi per Tahun + Agent Fee + Medical check Up

= a + b + c = 1140 RM + 900 RM + 110 RM = 2150 RM/tahun.

Atau = 179,17RM/bulan = 5,97RM/hari.

Jadi TKI yang baru masuk itu harus membayar kewajiban (mendapat potongan) sebesar 2150RM/tahun. Kewajiban itu harus dibayar atau ditanggung selama 2 tahun. Setelah lepas dari 2 tahun, maka potongan itu hanya uang Lepi dan medical check Up (tidak membayar lagi Agent Fee), atau = 900RM + 110RM = 1.010 RM. Atau =

Kalau kita hitung, maka:

Gaji TKI baru, tiap hari kerja, adalah = 24,84 RM – 5,97RM = 18,87RM/hari kerja.

Gaji TKI lama, tiap hari kerja, adalah = 27,5 RM – 2,805 RM = 24,69 RM/hari kerja.

Kalau Ringgit Malaysia = 3.000 Rupiah, maka gaji TKI adalah:

TKI baru = 18,87 RM x Rp.3.000,-/RM = Rp. 56.610,-/hari. Atau = Rp. 1.698.300,-

TKI lama = 24,69Rm x Rp.3.000,-/RM = Rp.74.070/hari. Atau = Rp. 2.222.100,-

Itu gaji kerja biasa, atau dapat dikatakan tanpa over time di hari libur, dan tanpa over time di hari-hari besar.

Jika TKI itu absent (tidak masuk kerja, atau disebut juga dengan istilah “ponteng”), maka harus membayar tanggungan “ponteng”nya sebagai berikut:

Ponteng 1 hari:

Bayar Lepi 0,5 bulan = 47,5 RM

Bayar uang makan = 5 RM

Jadi total yang harus dibayar oleh seorang TKI, baik TKI baru ataupun lama, jika dia tidak masuk kerja satu (1) hari adalah = 52,5 RM. Sama dengan dua kali lipat gaji biasa…!!

Harus dijadikan bahan pertimbangan juga, budaya kerja di Malaysia, dan kebijakan-kebijakan pemerintahnya, berbeda dengan budaya kerja di Indonesia.

Seperti contoh kasus di pabrik kayu lapis, ketika seseorang pekerja harus mengiris lembaran kayu untuk kayu lapis, maka seharian itu mengiris terus. Kalau posisi dia harus berdiri, ya terus lah berdiri selama jam kerja, atau di liuar jam istirahat.

Dan yang paling menarik, sistem kerjanya shift-shift-an.. Jadi, masuk shift malam harus diperhitungkan sebelum berangkat menjadi TKI di Malaysia, dengan tempat kerja Pabrik Kayu Lapis (plywood).

Sumber informasi ini disuguhkan berdasar pengalaman lapangan penulis secara langsung.

semoga Indonesia ke depan bisa lebih mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas. Aamiin..

Yang harus diperhatikan, bahwa perhitungan gaji di atas berlaku untuk TKI Bukan Profesional. TKI bukan profesional adalah TKI yang tidak memiliki keahlian khusus, atau tidak memiliki jenjang pendidikan khusus. Untuk TKI Professional, gajinya lain. Gajinya masih ‘manusiawi’.

Semoga bermanfaat.

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

30 Responses to GAJI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI SARAWAK MALAYSIA

  1. armansyah mengatakan:

    hoo~ nice info om! ternyata gajinya gak jauh beda dengan yg di indonesia yaa? cuma emang lebih tinggi sih dr umr jakarta yg 1,5 jt itu,,btw lepi tuh apaan yah?

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      hohohoho…, met malam Man..🙂

      ya begituah.. dan yg sebanranya,,, standar gaji untuk TKI di Malaysia ini jauh lebih kecil dibanding untuk standar gaji orang Malaysia asli.

      misa kalau Upin Ipin kera menyapu lantai itu digaji 50 RM, maka kalau TKI akan digaji 25RM. Jadi kayak penindasan euy kalau lihat di lapangan mah,,,,, wkekekeke…🙂

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      iya satu lagi.., LEPI itu adalah uang perpajangan visa kerja Bung.., hehe… Tiap bulan tuh visa kerja mesti diperpanjang…🙂

  2. Suly Godis mengatakan:

    hehehe,,met pagi,,mau tanya??berarti gaji standar pabrik dimalay berapa perbulannya,,makasih,,krna saya kurang jelas dgn penjelasannya

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      met pagi juga Mbak Suly..🙂
      itu kan yang saya hitung di artikel adalah hitungan per hari, jadi tinggal dikalikan dengan 30 hari saja kalau mau dapat informasi perbulan mah.. Atau sekitar 700RM sampai 800RM.

      Tapi makan dan tempat tinggal udah disediakan/gratis. Cuma, meski gratis (makan, penginapan), rasa nyamannya tergantung individu yang menjalani..

  3. Dolla mengatakan:

    banyak temen2 saya yg saat ini kerja di plywood malaysia dari tahun kemaren hingga skrg bahkan ada sodara temen yg juga kerja di plywood malaysia. memang betul gaji pokok 15RM / hari. tapi mereka mendapat potongan hanya RM 600 saja (1,8 juta), itu dicicil RM 100 selama 6 bulan, sisanya di subsidi oleh perusahaan. atau biaya hanya Rp 1,8, juta, termasuk : medikal, pasport, visa, asuransi, tiket perjalanan dari indonesia – lokasi kerja, cukup murah bukan. dan mereka rata2 bisa transfer 1 juta / bulan utk pemula, dan 1,5 jt utk yg agak lama, dan sisanya untuk tabungan mereka sendiri. Berdasarkan aturan, levy itu adalah tanggung jawab perusahaan malaysia dan dilarang dibebankan pada TKI (itu aturan UU malaysia).

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      hehe,, makasih Dolla komentarnya, sangat bermanfaat..

      Memang, kalo menurut UU Malaysia, banyak perlindungan/keuntungan bagi TKI. Tapi di lapangan, tidak lah demikian. Bagai mengusut benang kusut kalo tahu di lapangannya. TKI JAUH DARI SEJAHTERA.

  4. taufikachyadi mengatakan:

    sip deh…
    mampir dong ke blog ku

  5. Purwanto mengatakan:

    Infonya sngt brmanfaat mas rudi, sy brminat ingin mjd TKI. kerja di Indon hbs utk byar kost,listrik,beli air minum . Smg kita brtemu di bintulu serawak.

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      terima kasih Pak Purwanto..

      tapi saran saya, sebelum bapak berangkat, konsultasi dulu ke orang2 yang udah pernah kerja di sana. Jenis pekerjaan yang akan kita geluti, akan berpengaruh pada sesuai atau tidak dengan kondisi fisik dan psikis kita.

  6. Purwanto mengatakan:

    Informasi dr mbak dola yg potong gaji cm RM 600 lewat pjtki apa ya?

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      iya, kalo melalui penyalur emang dipotong… lamanya potongan bervariasi, biasanya kena potongan selama kerja setahun. Gaji total kan 900 ringgit sekarang, terus kalo dipotong 600 RM kan lebih dari setengahnya. maka dari itu, mendingan berangkat sendiri, jangan melalui agent.

  7. Purwanto mengatakan:

    mas rudi,sy dl 2 thn(1999-2001) prnah jd tki di shin Yang Miri Serawak.Rasanya ingin balik ksna. Kmrin tnya ke PPTKIS biaya 500 rb + potong gaji RM 100 x 10. sy baca blog anda adl wakil User di msia, lewat anda brp Mas? Mohon informasinya? Thanks

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      Pak Purwanto…, terima kasih informasinya..

      Kalo Bapak sudah pernah kerja di Sarawak, dan mau pergi ke sana lagi, menurut saya, jangan melalui agent..

      Yang terpenting, Bapak punya passport, langsung aja berangkat.. Berangkat sendiri akan bebas dari potongan..
      Saya sarankan Bapak berangkat sendiri, karena di pabrik Kayu lapis skrg sedang butuh tenaga kerja, jadi prosesnya pun mudah sekali, yang penting punya passport. Kalo visa akan diurus oleh pihak pabrik (kilang).

      kalo mau menghubungi saya, utk konsultasi, bisa di 0852 13 5856 90

      terima kasih.

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      Pak Purwanto…, terima kasih informasinya..

      Kalo Bapak sudah pernah kerja di Sarawak, dan mau pergi ke sana lagi, menurut saya, jangan melalui agent..

      Yang terpenting, Bapak punya passport, langsung aja berangkat.. Berangkat sendiri akan bebas dari potongan..
      Saya sarankan Bapak berangkat sendiri, karena di pabrik Kayu lapis skrg sedang butuh tenaga kerja, jadi prosesnya pun mudah sekali, yang penting punya passport. Kalo visa akan diurus oleh pihak pabrik (kilang).

      kalo mau menghubungi saya, utk konsultasi, bisa di 0852 13 5856 90

      terima kasih.

  8. heru cahyo jatmiko mengatakan:

    haduck mz pdhl saya mw kerj jdi tki lw low gni caranya mending saya batalkan aja mz

  9. aji mengatakan:

    trimakasih banyak mas rudi atas infonya..
    sangat bermanfaat …

  10. andri gunawan mengatakan:

    kalo dipeternakan mas gmn mslah perhitungan gajinya? n dmn ?

  11. …met mlm mas
    …saya tanggal 02/03-02-2012
    …saya mau brangkat ke malaysia n krja di playwood jg
    …la saya mau tnya
    …klu disana itu sistem krja y gmn y?
    …trus smua y gaji qta klu di total n di rupiah kan brpa y mas
    …trima ksh

  12. Zery Tanhil mengatakan:

    sekarang gaji pokok TKI anak baru RM 30,77 cen, sluruh malysia,jadi lau masih di bwah 30,bagus k kilang sini ja shobat sperjuangan q

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      nah.., ada info terbaru..
      memang katanya UMR Malaysia naik ya, sampe RM 900 / bulan ya skrg…
      syukur kalo udah naik..

      semangat ya di negeri tetangga, semoga slalu sukses dan berkah..

  13. ryan atho mengatakan:

    mas klo awal pemula jdi tki ke malaysia syarat n apa aja yg diprlukan soal standar gjinya n kontrak krja,trima ksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: