AGENT TKI YANG BAIK

Ini adalah sepenggal kisah nyata, yang diambil dari curhat sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

GAJI FIKTIF

English: Passport entry stamp from Tawau port,...

English: Contoh stample passport di Tawau port, Sabah, Malaysia. (Ilustrasi: Wikipedia)

Ku mewakili TKI Indonesia yang lain, yang ada di Malaysia, khususnya Sarawak. Wahai Agent TKI.., kenapa ketika kami masih di kampung, kau janjikan gaji besar kalau menjadi TKI? Kamu berjanji kepada kami para TKI, gaji jadi TKI sampai 3 – 4 juta rupiah, bersih. Makan dan penginapan sudah ada dengan fasilitas yang memadai. Hiburan pun ada dengan terjaminnya. Tapi nyatanya? Berapa gaji kami ketika setelah sampai ke tempat kerja? Gak beda dengan gaji kami di kampung. Malahan ketika kami di kampung, kerja itu dari jam 8 sampai jam 4, atau paling lama sampai jam 5. Lah ini..?, di Malaysia, kerja kami 12 jam. Dari jam kerja 12 jam itu, kami istirahat jam 10 sampai 10.15, kemudian kerja lagi, terus istirahat lagi dari jam 12 sampai jam 1, setelah itu kerja lagi sampai jam 5. Dari jam 5 sampai 5.15, kami istirahat lagi untuk sholat. Dari jam 5.15 sampai 7.15 kerja lagi. Itulah keadaannya.

FAKTOR KEBERUNTUNGAN

Memang, dalamnya laut dapat diukur, nasib orang siapa tahu. Itulah pepatah yang memang belum terbantahkan hingga saat ini. Jika seorang TKI yang beruntung, maka di sini, di tempat kerja, akan mendapat pekerjaan yang ringan. Tapi, bagi yang kurang beruntung, akan mendapat pekerjaan yang berat. Dan kalau dihitung-hitung, pekerjaan berbeda, tapi gaji sama. Sakit.

Ambil sebuah contoh, ketika kerja di pabrik kayu lapis (plywood), ada TKI yang ditempatkan di bagian pekerjaan inti dari pembuatan plywood itu, ada juga yang dipekerjakan di bagian luar, missal menjadi Tukang Pembersih Sampah. Pekerjaan lebih ringan ya tukang sampah, karena Cuma menyapu atau memungut daun-daun, membuang sisa plastic makanan, dan sebagainya. Lebih senang itu yang bagian sampah, disbanding yang di dalam pabrik. Yang di dalam pabrik, ada yang kerjanya mengiris kayu, dari awal masuk jam kerja sampai waktu pulang jam kerja. Tapi gaji tetap samaaaaa…

JANJI DIKIRIM KE TAIWAN, KOK JADI KE MALAYSIA?

Cerita ini kami dapatkan dari seorang teman kami, dia TKI asal Bandung, Jawa Barat. Katanya, pertama waktu pelatihan, dia dijanjikan untuk dipekerjakan di Taiwan. Tapi ternyata, setelah menjalani peltihan berbulan-bulan, dia dilempar ke agent satu, kemudian ke agent  lainnya. Niat awal dia udah bulat kalau untuk kerja di Taiwan, tapi tak terbayang sebelumnya kalau dia dilempar sana sini oleh agent, dan akhirnya berhenti di salah satu agent, kemudian nyangkutlah dia di perusahaan kayu lapis Malaysia. “Nasi udah jadi bubur, meski ku gak mau ke Malaysia, yaa.., gimana lagi.., tertipu.”, itu gumamnya.

===============================================================

Sebenarnya, ku mau juga bahas tentang yang di bawah ini, tapi belum sempat, hehe, maaf ya Pembaca yang Budiman..

CARA MENJARING TKI

PERLINDUNGAN KERJA

KEPULANGAN JIKA ADA SATU DAN LAIN HAL

HIBURAN SEBAGAI KEBUTUHAN DASAR

KONDISI MESS

PERLAKUAN OLEH MAJIKAN/BOSS

(bersambung)

Semoga bermanfaat..🙂

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

6 Responses to AGENT TKI YANG BAIK

  1. Busro Alkarim mengatakan:

    ya begitulah faktanya,banyak dari sahabatku yang bernasip seperti itu,,
    #hemm…semoga dg melihat hal yg demikian mas rudi makin banyak bersyukur,….amien

  2. syafee mengatakan:

    Asskm …10,000 anggota diperlukan utk lowongan kerja langsung dari malaysia sbagai Pembantu Rumah Tangga. 1.Gaji pbulan rm600/rp1,680,000/ada peningkatan gaji, bonus hjg tahun, bisa tores sm majikn, 2.Cuti 3. Rawatan rumah sakit/gratis 4.Rumah majikan muslim 5.Tempat tinggal yg selesa, bisa nelpon kampung 6. Dilindungi langsung oleh majikan dan sy sendiri 7. Byrn gaji yg tepat 8.
    Punya rekening bank sendiri. SYARAT-SYARAT PERMOHONAN: BERUSIA 25THN-42THN, ADA SURAT IJIN KELUARGA, BUJANG/JANDA/KALAU BERSUAMI MESTI ADA SURAT IJIN SUAMI@SURAT NIKAH, SIHAT TUBUH BADAN, TIADA PENYAKIT BERAT, JUJUR/TGJWB, TDK MEROKOK, BETAH & SUNGGUH2 UTK BKRJA DLL PERKARA YG WAJAR….Caranya anda hanya>>> a) Dtg ke msia sebgai tores/pelancung dgn paspor b) visa c) Tiket…. dgn ngurusen 3 hal ini anda udh bisa ke msia. Hny tsamaadg samaada naik pesawat @ feri. Semua biaya ini akn sy byr kembali dan sy jamin 100% Anda bisa call sy langsung utk sbrg ptnyaan. Pokoknya sy sendiri yg akan mngambill anda di airport klia {kuala lumpur} @ di jeti pelabuhan klang msia. Mg2 PENGHIJRAHAN kali ini bisa merobah kondisi kewangn anda dan kluarga.Mohonlh ptnjk mg2 sgla niat suci anda bisa lncr n dpmdhkn Allah swt. Ini hp sy: +60193930438 dan ini FB sy: sangbentaraguru….SELAMAT MENCOBA & BERUSAHA….dan SELAMAT HARI RAYA. MUDAH2AN KEMARAU SETAHUN BISA SIRNA DGN HUJAN SEHARI…Aminnnnn

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      untuk pembaca, hati-hati dengan tulisan Syafee ini.. mungkin saja dia agent. Saya tidak mau ada anak negeri, orang Indonesia, yang tertipu oleh agent.

      cermat-cermatlah memilih.. Malaysia adalah negeri orang, bukan Indonesia… Pola hidup di sana jauh berbeda..

      hati2 lah,,

  3. Indhysapitri mengatakan:

    Nama sya ibu indhdy tinggal di kota tegal, maaf sbelum nya kepada yang punya rum saya numpang
    Untuk berbagi cerita pada teman2 mlalui media internet,, saya ibu indhdy yang dulu nya kerja
    Sebagai pemulung, yang mendapat kan peng hasilan yang tidak tertentu,,namun saya se orang
    Janda 4 anak yang selalu nya berusaha keras untuk memenuhi makan se hari2 belum lagi ana saya
    Yang penuh cita2 untuk loanjut sekolah,sedang kan buat makan aja paspasan,aku sebagai orang tua
    Tentunya merasa bangga punya anak kepingin mencapai cita2 nya,namun kami terlahir dari orang yang tak punya apa2 sedangka saya jada uda 3 thun.saya sebagai ibu rumah tangga.harus ber
    Kerja keras untuk membahagiakan anak2 ku,namu saya merasah kebingungan karna anak saya
    Selalunya duduk ter menung jika saya mau memberhentikan sekolah nya,,karna kada an
    Yang tidak mampu,aku sebagai ibu merasah sedih bilah suatu cita2 anak saya yang selama ini
    dia dambakan tak tercapai.saya sebagai ibu merasa ke bingungan entah apa yang harus aku perbuat
    namun saya sebagai ibu tidak berputus asah dan semua ini aku pasrakan kepada yang maha kuasah
    saya sebagai orang tua harus berkerja keras semoga suatu cita2 anak saya bisah tercapai,..
    hari2 demi hari yang aku telusuri aku memulung di depan rumah sakit umum kardina kotategal
    tak terasa aku mendengar ceritah pada teman2 kalo eyang pessah selaluh membantu orang yang ke susahan,melalui bantuan angka jitu/gaib hasil ritual,eyang pesah,namun saya berpikir dan mencobah menjadi member eyang pessah saya mencobah menghubungi nomor eyang pessah
    di -082.313.367.336.untuk mrminta angka gaib nya walau saya harus membayar mahar nya,
    supaya saya bisah mendapat kan angka jitu nya,,,,,,atas bantuan dan pemberian angka eyang pessah
    100% tembus,,dan aku menang togel 125 jut,,yang dulu nya saya kerja sebagai pemulung
    Atas bantuan eyang pessah semua masalah dan hutang-hutang telah lunas,terimakasi banyak buat eyang . jika anda mau seperti saya silahkan hubungi eyang pessa d–082-313-367-336 Dijamin 100%sudah terbukti kepada kami sekeluarga, jika anda yakni dengan angka JITU/GOIB silahkan buktikan. Terima kasi………..

    • Rudi Hermawan mengatakan:

      salam kenal..
      o ya.., Kekayaan Ibu dah berapa banyak skrg..? kalo Ibu dah kaya, baru sy coba..🙂
      eyang pesah boleh tu nyalon presiden, klo beliau udah kaya mah.. Kan nnti jadi tambah kaya klo jadi presiden..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: