ALAT-ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK INSPEKSI PLYWOOD OLEH SEORANG INSPEKTOR

Terdapat beberapa alat (tools) yang diperlukan oleh seorang Inspektor plywood. Peralatan tersebut adalah sebagai berikut:

1.Caliper Meter

Caliper ini digunakan untuk memeriksa ketebalan veneer atau plywood dengan hasil pembacaan digital. Ketebalan yang diukur sesuai dengan standar yang diinginkan. Missal ketebalan yang diinginkan adalah 11.7mm sampai 12.80mm, maka kurang dari 11.70mm atau lebih dari 12.80mm adalah plywood termasuk reject/tidak memenuhi standar.

themometer stick and caliper

themometer stick and caliper

2.Measurer (meteran)

Meteran ini digunakan untuk mengukur sisi panjang, sisi lebar, dan diagonal dari plywood yang diukur. Panjang diagonal maksudnya adalah panjang seperti pada gambar di bawah.

measure

measure

3.Moistur Content Meter (MC Meter)

MC Meter ini digunakan untuk mengetahui kelembaban dari veneer kayu yang digunakan untuk membuat plywood. Biasanya MC maximum 10% atau 12%. Batas maximum MC itu biasanya disepaakti antara pembeli dengan pihak pabrik plywood itu (tergantung kesepakatan).

MC meter

MC meter

4.Cutter (Pisau)

Cutter ini berguna ketika melakukan inspeksi proses pembuatan. Ketika seorang Inspektor memegang cutter, maka dia akan mudah memberikan arahan pada para karyawan ketika karyawan melakukan kesalahan. Missal karyawan salah melakukan repairing veneer, maka tugas inspector memberikan contoh arahan yang benar. Dengan cutter ini, maka inspector tidak perlu lagi meminjam cutter karyawam ketika hendak memberikan contoh secara praktek langsung.

cutter

cutter

5.Kalkulator

Kalkulator ini termasuk alat tulis. Kalkulator digunakan untuk menghitung data hasil inspeksi. Missal untuk mengetahui nilai rata-rata ketebalan (thickness) plywood yang diinspeksi, mengetahui rata-rata berat plywood hasil inspeksi, dan alat untuk menghitung data terkait lainnya.

calculator

calculator

6.Lupe (kaca pembesar)

Lupe ini digunakan untuk melihat defect-defect (cacat-cacat) plywood yang ukurannya kecil, atau digunakan untuk mengetahui ketebalan veneer pada veneer yang sudah menjadi plywood.

lupe

lupe

7.Thermometer

Thermometer ini digunakan untuk mengetahui tingkat suhu yang dimiliki oleh veneer plywood.

laser thermometer

laser thermometer

8.Alat tulis

Alat tulis, missal thally sheet data inspeksi, pena, nota, penggaris, dan sebagainya; adalah diperlukan untuk kegiatan inspeksi.

9.Micro Meter

Micro Meter ini diunakan untuk mengukur ketebalan veneer atau plywood, dengan pembacaan angka manual.

mikrometer

mikrometer

Semoga bermanfaat..šŸ™‚

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: