DAERAH PERBATASAN DALAM OBROLAN FACEBOOK

Saya teringat, suatu saat, saya membuat status di Facebook, sebagai berikut:
………………

Kalo Papua dicuekin terus ama Pemerintah Pusat, bisa saja Papua hengkang dari NKRI..

Sabar ya teman-teman di Papua.., maklum Pemerintah pusat sibuk ngurusin yg lain..

#ngurusin apa ya?

………………

KOMENTAR TEMAN-TEMAN FACEBOOK ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
Like ·  · Share
  • Askar TerateMimbar Ahmad and 7 others like this.
    • Lesa Fadillah Ngurusin naik gaji mereka n bgaimn cr nambah uang mreka..he..he..astagfirllhaladzim.

    • Rudi Hermawan Oke Bu Lesa,, kalo udah kayak Timor Timur mah, nnti berasa deh.., hehe

    • Ari Supriyadi Prayogo ‎”status provokasi”
      hehehe

      June 17 at 8:47pm via mobile · Like
    • Rudi Hermawan Oke Mas Ari.., klo ku baca berita ttg Papua, seperti pemerintah itu cuek-cuek aja,, masak situasi Papua ricuh, dibilang aman terkendali?Mana ada petinggi negara meluangkan waktu utk ke sana? di Jakarta aja..#hehe, gk akan ada habisnya..

    • Pranugrah Rura Parantean Hidup Rudiiii !!!..°\\(‘o’)//°

      June 17 at 8:54pm via mobile · Like
    • Rudi Hermawan Oke Nugrah.., Makasar aman kan? heheHiduuup Makasar..!!

    • Pranugrah Rura Parantean Hahahaha… Aman.. btw,, double.”s” atuh…

      June 17 at 8:59pm via mobile · Unlike · 1
    • Rudi Hermawan Oke hehe.., sorry mih,,, “s” nya ketinggalan satu,, bisa-bisa makin panas nnti kalo kurang “s” ya? #ha?

    • Pranugrah Rura Parantean ‎(^”^) c<‘o’)bisa ajahh si Rudi mahh…

      June 17 at 9:07pm via mobile · Unlike · 1
    • Harri ‘poe’ Purnomo ga juga tuh.. upt di papua jg koordinasi dng pusat terus..

    • Ari Bagong Jka papua bpisah dari NKRI it wjar aj..krna slma ni mrka hnya dlhat dari SDA aj..tpi tak pnah dlhat dari SDM nya.

      June 17 at 9:11pm via mobile · Like
    • Rudi Hermawan Oke Gan Poe.., ane sbgai rakyat biasa, cuman bisa berkata berdasar keadaan di lapang saja.., hehe..

      June 17 at 9:11pm · Like · 1
    • Harri ‘poe’ Purnomo sebenrnya klo om rud kerja di pusat pasti akan mengalaminya.. memang berat om.. makanyanya perlu dorong.. pusat ga melupakan daerah kok..

      June 17 at 9:12pm · Unlike · 1
    • Rudi Hermawan Oke Pak Ari.., dikabarkan para petinggi negara besok mau meluncur ke Tanah Papua.. #meluncur setelah ada kematian.., klo belum berdarah, masih aammaaaaaannn..

    • Rudi Hermawan Oke Bang Poe.., moga Pemerintah yg sedang Memerintah, tepat merealisasikan istilah “ADIL”.., sesuai sila 5..🙂

    • Ari Bagong memang betul mas ini bkan provokasi..sya ktakan disini INDONESIA adlah dari sabang~merauke bkan mlik pulau tertntu..lhatlah dg mta telanjang adkah 5 kota besar ada dari pulau kalimantan n papua..tdak ad kan brarti pmbngunan hnya untk pulau yg tmsuk 5 kta besar..jadi wjar kalau PAPUA ingn bpisah dari NKRI..Lihatlah pulau datuk n pulau camar disambas..Pmbngunan tdak ad sma sx itpun mrka bsyukur pmbngunan dilakukan oleh ngara tetangga malaysia..Kalau pusat mytakan mrka tdak lupa..Negra kta udah brapa lma mrdka knpa bru ad isu kmarin mrka bru tau pulau datuk n pulau cmar it apa n bgaimana…

      June 17 at 9:28pm via mobile · Unlike · 1
    • Rudi Hermawan Oke ya Alloh,, Pak Ari,,, saya merinding baca komen Bapak yg terakhir.., sampe segitunya ya pembangunan daerah Non-Jawa..? ck ck..Sedih Pak..

    • Ari Bagong memang bgtu knyataan dlapangan mas Rudy..Jka memang dberi plihan kmungkinan kami lbh baik berpisah pak daripda harus hdup bcrmin bangkai dg kata2 manis..jika memang saudara2ku tdak pcya sya akan tunjukkan tmpat2 di KALBAR yg tak pnah djamah oleh pmerintah trutma jauh dari kota..mrka buat jalan dg cra merambah hutan untk jalan stapak…Apkah it yg dnamakan sila k5..Keadilan hnya ntk plau tertentu..Ttapi tdak ada dtpat kami..Jika memang adil knapa kami mash hdup dg lampu pelita n masak dg kayu bakar..Untk kompor gas kami juga harus merogoh saku 400ribu mas.Apakah it yg dnamakan adil…

      June 17 at 9:42pm via mobile · Unlike · 1
    • Rudi Hermawan Oke itulah Pak.., Pembangunan itu terpecah menjadi Jawa dan Non-Jawa..bagi mereka yg gak pernah berkunjung ke perbatasan, mungkin gak percaya Pak..
      Kalo saya beberapa kali singgah di daerah perbatasan, miris.., tp apalah daya tangan tak sampai..Yang saya tahu, di atas meja, pasti data2 utk pembangunan daerah perbatasan itu ada dan memadai.. Tapi klo lihat di lapangan, Kalbar seperti itu..

    • Ari Bagong itulah mas knyataan diatas meja seolah mudah membalikkan telapak tangan..tapi dilapangan it lah fakta yg nyata..jika memang saudara kta myatakan sulit..tpi knapa mrka masih blomba2 mau mjadi aparat pmerintah..it kan aneh n nyta..apkah hanya mghrap gaji n tunjangan tiap bulan tpi tanggung jwabnya mana..jadi teringat dg ksah khalifah umar bin khattab..untk mlihat umatnya dia rela myamar mjadi rakyat biasa ntk mbktikan apkah rakyatnya bnar2 sudah tpenuhi ksjahteraannya atau tdak..hngga pda saat dia mlintas pd 1 gubuk yg reot n mdgar suara anak menangis ia pun mghampirinya ia pun btnya kpd ibu dgubuk it knpa anakmu menangs..ia pun mjwb..anak2ku mnangs krna klparan krna pmimpin kmi tdak pnah mdngar kmi yg mskin..amirul mukminin pun menangs ia pun bsta shbatnya pulang..stlah pulang amirul mukminin umar bin khattab sndri yg memikul sndiri gandum ntk smiskin..jadi apkah ad n rela pmerintah kita bsa bbuat bgtu..yg ad hnya bdbat n jajak pndpat yg mbodohi rakyat..jadi wjar kalau rakyat bpdapat mrka sekolah tinggi2 n pintar hnya untk mbodohi rakyat..

      June 17 at 10:23pm via mobile · Like
    • Rudi Hermawan Oke hehe.., di sana kita harus hati2 Pak..🙂

    • Ari Bagong insyaAllah mas..slagi kita mash mpnyai pondasi n tiang islam..insyaAllah bumi Allah sangat luas..dmana kta brada msh ad saudara muslim kta yg akan bsma kita..

      June 18 at 8:53pm via mobile · Like
    • Rudi Hermawan Oke Pak Ari.., saya mau tanya lagi ttg cerita di perbatasan ni..Kalau yang membuat jalan setapak menembus hutan itu, tujuannya apa? apa untuk akses ke pasar, atau gimana Pak..?

    • Ari Supriyadi Prayogo hahahaha… Mas rudi kan liat berita tentang papua lewat media, tidak secara langsung. Jadi sebenerna ga tau pasti apa yg terjadi di papua. Sekarang mah banyak berita yg menyudutkan salah satu pihak /memutar balikkan fakta dan berita yang berisi provokasi. Kaya ga tau aja, berita tv ga ada yang netral….

      June 18 at 8:56pm via mobile · Like
    • Rudi Hermawan Oke Mas Ari Supriyadi Prayogo,, jika berita Papua adalah meragukan bagi Mas Ari.., bagaimana dengan kabar dari Kalimantan yang dibawakan oleh Pak Ari Bagong..? saya rasa tdk jauh beda..

    • Rudi Hermawan Oke Kebetulan klo Kalimantan saya udah brapa kali keluar masuk..

    • Ari Supriyadi Prayogo yapz. Sy ga terlalu percaya dengan media. Tujuan mereka hanya mencari suara buat pemilu. Kwkwkw

      June 18 at 9:00pm via mobile · Like
    • Ari Bagong mas supriyadi..@..assalam wrwb..slam ukhuwah..msalah papua memang kta paham ad pmainan krna freefort..it hnya bru 1 yg sudah nampak..jika tv tdak netral kadang memang iya juga..tpi bolehkah mas datang ktpat kami kalbar..cntoh nyata daerah kabupaten sanggau daerah ngabang mas mrka mau kpasar merka harus trun bukit slama 10jam pp..trun jam 5pgi dtang krumah jam 4 sore..sx lgi jalan yg dgunakan bkan dari pmerintah mas tpi hasil gotong royong merambh hutan..mrka dsna tdak skolah pdahal pduduknya ckup bnyak kurang lbh 500 kk mas..jika sya dibilang provokasi insyaAllah jika Allah mbri jalan sya siap mbwa mas ksna..mgkin dlam pjalanan mlihat mrka mgkin mas bsa mnteskan air mata dg keadaan merka..

      June 18 at 9:07pm via mobile · Unlike · 1
    • Ari Bagong mas rudy..jaln stapak sbnarnya dgunakan untk akses kpasar..tpi skrg bnyak dsalah gunakan oleh para ejen2 tki yg nakal ntk mbwa org2 kbur n kadang ad juga traficking..pdagangan manusia trutma kaum hawa..sx sya mta maaf jika sya harus mbritahu smua rhasia yg saya ttupi..tpi inilah knyataan n fakta..

      June 18 at 9:13pm via mobile · Unlike · 1
    • Rudi Hermawan Oke waduuuh,, banyak sekali informasi faktualnya Pak.., sangat menarik..iya, saya rasa AKSES JALAN TIDAK MEMADAI, PENDIDIKAN PENDUDUK TIDAK TERPENUHI.., TRAFFICKING MENGHANTUI.., belum juga memenuhi sila ke 5 Pak Ari.., hehe.., sila ke 2 juga belum..Tapi itu penduduk sana, kalau masu sekolah SD atau SMP, apa mereka harus turun gunung juga kah..?

    • Ari Bagong jika mereka mau sekolah mrka mcari keluarga mrka yg tgal dkat skolahan mas..3 blan sx mrka pulg jpa keluarga..krna skolah mrka ckup jauh mas kurg lbih 5km trun bukit naik bkit mas..yg mprihatinkan wktu musm hujan tdak jarang mrka jtuh jurang mas krna jalan yg licin..tpi alhamdulilah jarang yg meninggal krna jurang tdak tjal..jika smp n sma mrka kbnyakan kekota mas ikut keluarga mrka..
        • June 18 at 9:36pm via mobile · Unlike · 1
        • Rudi Hermawan Oke maaf Pak Ari, baru dibuka lagi ni obrolannya..oo begitu ya Pak..
          kalo berjalan sepanjang 5km, itu saya juga pernah merasakan Pak, malah saya 10Km, jalan kaki, utk sekolah, itu selama satu tahun.Tapi, yang saya ragukan itu, bagaimana kebutuhan pokok di sana? apa mudah didapat dgn harga standar, atau susah di dapat dan kalau adapun harganya mahal? baagaimana?terus, ke sana sudah ada listrik negara apa blm Pak..?

          2 seconds ago · Like
        • Ari Bagong maslah bhan pokok mrka membeli dari negara tetangga dipbtasan harga lebih murah dari pasaran buatan dlam negri..masalah lampu 50-50 mas msh bnyak yg mggunakan pelita n obor..

          about an hour ago via mobile · Unlike · 1
        • Mundi Laksono bner kata kang ari.. di perbatasan itu pembangunan dibantu oleh negara tetangga.. dan warga yang dibantu itu malah ingin menjadi bagian negara itu.. kemana pemerintah indonesia?? apa hanya mementingkan yang dipusat? apa yang diperbatasan itu tidak penting?? alangkah lucunya negri ini…

          34 minutes ago · Unlike · 2
        • Ari Bagong trma kasih mas mundi tlah myokong aspirasi kami..kami jga rakyat n anak bangsa kmana lg kaki kami melangkah n bpijak sdangkan tanah leluhur kami sprti tak mgerti n peduli dg kami..

          5 minutes ago via mobile · Unlike · 1

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: