KENDALA DALAM PEMINDAHAN PUYUH

Bahasa Indonesia: Telur puyuh dan tempe bacem

Bahasa Indonesia: Telur puyuh dan tempe bacem (Photo credit: Wikipedia)

Hari libur kemarin, saya habiskan untuk memindahkan puyuh beserta sangkarnya, dari satu desa ke desa lain yang berbeda. Ternyata menemui beberapa kendala. Kendala-kendala tersebut adalah seperti uraian di bawah.

1) Kendalanya yaitu puyuh mengalami STRESS. Keadaan stress ini, bisa memicu turunnya produksi telor puyuh, atau bahkan puyuh tidak akan bertelor untuk beberapa hari. Untuk meminimalisir keadaan stress pada puyuh ini, bisa dengan pemberian suplemen elektrolit anti stress. Banyak juga tersedia di pasar atau toko unggas.

2) Susahnya mencari keranjang untuk penempatan puyuh sementara selama di mobil/perjalanan pindah. Keadaan ini sempat saya siasati dengan memakai kardus, tapi ternyata pekerja yang udah berpengalaman memberitahu pada saya, bahwa penggunaan kardus untuk pemindahan puyuh adalah kurang baik, karena suhu kardus cenderung lebih mudah memningkat ketika sirkulasi udara terganggu/tidak lancar. Gara-gara sirkulasi udara ini tidak lancar, akhirnya banyak puyuh yang kepanasan. Puyuh yang kepansan tersebut, ada yang memaksakan diri untuk bertelor padaha belum masanya untuk mengeluarkan telor, ada yang dehidrasi, ada keletihan, dan ada juga yang sampai mati, dan lain sebagainya. Yang jelas, dari kondisi kepansan ini, stress lebih tinggi akibat kegiatan pemindahan/relokasi puyuh tersbut.

Bersambung..🙂

Perihal Rudi Hermawan
Ku dilahirkan di daerah terpencil, jauh dari keramaian. Beberapa puluh tahun kemudian baru tahu keramaian kota. Dan dari keadaan tersebut sedikit banyak mewarnai gaya tuturku dalam tulisan. Tapi, siapapun itu orangnya yang membuat tulisan, tidak terlalu perlu untuk diperhatikan, yang perlu diperhatikan adalah isi pesan dari tulisan itu. Semoga bermanfaat.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: