PERMASALAHAN TKI INDONESIA DI MALAYSIA, KHUSUSNYA DI SARAWAK, DENGAN BIDANG PEKERJAAN PLYWOOD (KAYU LAPIS).

Menindaklanjuti akan banyaknya pertanyaan terhadap penulis seputar repotnya menjadi TKI di bidang pekerjaan kayu lapis (plywood), maka penulis menyempatkan waktu untuk membuka kembali memori yang telah terpendam beberapa bulan. Memori tentang TKI di Sarawak Baca pos ini lebih lanjut

SARAWAK, SEE YOU NEXT TIME.. :)

English: The side view of the new Sarawak stat...

English: Photo in Kuching city, The side view of the new Sarawak state assembly building in the evening (Photo: Wikipedia)

Tak ku duga, dua kakiku bisa menginjak di Bumi Sarawak; tak ku duga, dua mataku bisa menari-nari di antara indahnya Sarawak; tak ku duga, keringatku pernah jatuh di Bumi Sarawak. Tapi, sekarang itu semua adalah tinggal kenangan. Bagai pepatah Sunda, “aya mangsana mulang, aya mangsana datang; mulang jeung datang, bakal kasorang” (ada waktunya pulang, ada waktunya pergi; pulang dan pergi akan teralami), begitulan kisah Baca pos ini lebih lanjut

GAMBARAN PASAR TRADISIONAL DI SIBU SARAWAK, MALAYSIA

Kami menyempatkan berjalan-jalan, dalam rangka mengisi hari libur Nasional Malaysia, yaitu peringatan HARI GAWAI bagi Suku Dayak, yang jatuh pada 1, 2, dan 3 Juni. Kami jalan-jalanu berdua bersama teman kami bernama Mas Slamet, dia berasal dari Jepara. Perjalanan pertama dimulai dengan harus menyebrang sungai Baca pos ini lebih lanjut

BAHASA MALAYSIA VS BAHASA INDONESIA UNTUK BERWISATA

Nasi lemak

Nasi lemak (Photo credit: Wikipedia)

English: Upin & Ipin logo.

English: Upin & Ipin logo. (Photo credit: Wikipedia)

English: The Petronas Towers in Kuala Lumpur a...

English: The Petronas Towers in Kuala Lumpur at night. Français : Les Tours Petronas en Malaisie prises de nuit. Suomi: Petronasin kaksoispilvenpiirtäjät Malesian pääkaupungissa Kuala Lumpurissa. (Photo credit: Wikipedia)

“BINGUNG’ adalah salah satu kesimpulan yang bisa dibawa ketika kita berkunjung ke tempat baru, dengan budaya baru, bahasa baru. Untuk mengurangi rasa bingung ketika berkunjung ke tempat baru, selayaknya kita harus memiliki senjata andalan, yaitu BAHASA. Penulis rasakan, dengan mampunya berbahasa, maka Baca pos ini lebih lanjut

JADWAL KERETA DI DAERAH OPERASI I JAKARTA

Saat itu, 26 February 2012, penulis mencoba jalan-jalan dengan memakai moda Kereta Listrik, jalur Stasiun Gondangdia-Stasiun Bogor. Berakhir di Stasiun Bogor, perlahan menoleh kanan-kiri stasiun, dan didapatlah sebuah Baca pos ini lebih lanjut

GAJI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI SARAWAK MALAYSIA

Memang sampai saat ini, negera tetangga (jiran) kita masih jadi target untuk mencari sesuap nasi penduduk suatu Negara, yang kata banyak orang subur makmur, gemah ripah, loh jinawi; itulah Indonesia.

Namun, dibalik manisnya pandangan dari jauh, ternyata belum tentu manis jika memandang dari dekat. Missal, pandangan mengenai gaji, sesuatu yang utama tentunya. Penulis disini akan mencoba memberikan keterangan nyata mengenai gaji  Baca pos ini lebih lanjut

JALAN SANTAI DI KAMPUNG

Pagi ini terlihat mendung, memaksaku untuk tetap tergolek di tempat tidur. Tapi, niatku bulat, pagi ini, ku mau olah raga, dengan lari-lari kecil menyusuri jalanan sepi. Jalanan Sarawak, tepatnya di Kampung Kuala Segan. Kampung ini terletak di Bintulu, Sarawak, Malaysia.

Olah raga kecilku pagi ini, di mulai dari mess ku, yang terletak di pabrik kayu lapis (plywood), dengan nama pabrik CAIRNFIELD, Baca pos ini lebih lanjut

Sarawak dalam Gambar

Inilah Negeri Tetangga perbatasan.. 🙂

Taksi di Sarawak

Taksi di Sarawak

Taksi.  Orang Sarawak biasa menyebut taksi dengan “teksi”, semua seragam warnanya. Kuning Merah menghiasi jalanan yang kokoh..

Daftar harga angkutan umum yang bisa diperoleh di Terminal Bis Kuching.. :)

Daftar harga angkutan umum yang bisa diperoleh di Terminal Bis Kuching.. 🙂

kalo kita perhatikan, dari terminal bis Kuching itu, kita bisa ke mana saja, mengitari seluruh kota-kota yang ada di Sarawak. Ingat lho.., kota di Sarawak disebut ‘bandar’. Misal: kamu mau kah main ke bandar..?, dalam bahasa Indonesianya hampir mirip, “mau gak kamu main ke kota..?, gitu.. Di Sarawak ini terdapat kota-kota besar, yaitu: Sibu, Miri, Bintulu, Serian, dan Kuching. Harga bis juga terpampang di foto itu, tinggal kurs kan saja nilai ringgit ke rupiah. Biasa penulis mengkurskan rupiah sama 3.000 untuk 1 ringgit Malaysia. Begitu.., hehe.. 🙂

Terus..,

Kondisi terminal Bis Kuching

Kondisi terminal Bis Kuching

teruuuuss lagi..,

Kondisi terminal Bis Kuching

Kondisi terminal Bis Kuching

hmm…

Kondisi jalannya (infrastruktur) mantap abissss.. :)

Kondisi jalannya (infrastruktur) mantap abissss.. 🙂

Nah, kalau ku amati, jalan2 yang terbangun di Sarawak, sudah memperhitungkan pada program safety riding.Hal tersebut terlihat dari trotoar yang digunakan benar2 untuk pejalan kaki, pohon-pohon di pinggir jalan diurus sedemikian sehingga kalau musim hujan tiba tidak lah sampai menimpa pengguna jalan, dan safety riding lainnya.

ooow… 🙂

Mall nya okey juga.. :)

Mall nya okey juga.. 🙂

hmmm…

Toko-toko yang berderet di Bintulu

Toko-toko yang berderet di Bintulu

terus,, tentang jalan2, and tentang jalan.., masih ada..

Inilah salah satu rumah penduduk di Bintulu, Sarawak

Inilah salah satu rumah penduduk di Bintulu, Sarawak

itulah keadaan perbatasan.. Lantas, kalo kita tengok negeri yang masuk Indonesia, dan berhimpitan dengan Sarawak, pedih lah hati ini. Negeri tersebut tiada lain, “Negeri Pasak Bumi, Kalimantan”. Kalimantan miskin infrastruktur, masyarakatnya masih jauh dari rasa damai sejahtera..

Moda Transportasi dari Terminal Bis Kuching ke Berbagai Kota di Sarawak

Kalau kita hendak jalan-jalan dari Indonesia, ke Sarawak Malaysia, maka yang terpikir pertama kali di antaranya; moda transportasi apa yang akan digunakan.. 🙂

Kalau dari Pontianak ke Kuching bisa menggunakan bis, atau pesawat. Bis DAMRI ada juga, atau bis-bisa lain yang perusahaannya milik orang Malaysia juga tak kalah banyaknya.

Kalau kita jalan-jalan dengan menggunakan jasa pesawat, maka jalur yang bisa ditempuh jika dari Pontianak, yaitu dari Bandar udara SUPADIO, Pontianak (PNK) menuju Bandar Udara Kuching, Sarawak. Ongkosnya pun tidak begitu mahal. Contoh kasus saya biasa Baca pos ini lebih lanjut

Sarawak dalam Coretan Tinta

Sarawak merupakan bagian dari Kerajaan Malaysia. Di Sarawak ini didiami beragam suku. Penulis mencoba mengumpulkan informasi tentang suku-suku yang ada di Sarawak dengan cara wawancara pada penduduk Sarawak. Dari hasil wawancara Baca pos ini lebih lanjut

%d blogger menyukai ini: